Selasa, 25 Juni 2013

Martapura Kota Intan, Kota Serambi Mekkah, Kota Ulama & Kota Santri


Masih dari kota Martapura dimana saya bermukim saat ini. Pada tahun 2011 penduduk  kecamatan Martapura Kota berjumlah 104.973 jiwa. Saat ini kota ini terus berbenah untuk menjadi kota wisata di Kalimantan Selatan namun tidak melupakan gelarnya sebagai Kota Serambi Mekkah. Kota ini bergelar kota Intan karena dikota inilah terdapat pusat  perdagangan atau perbelanjaan permata/intan terbesar se Indonesia bahkan dunia tepatnya dipertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) yang terletak dipusat kota. Setiap harinya kawasan CBS ini selalu ramai dari jam 09.30 sampai jam 16.00 bahakan beberapa toko ada yang sampai jam 17.00 masih membuka tokonya.
 Kota ini juga bergelar kota Serambi Mekkah yang berkaitan dengan julukannya sebagai Kota Ulama dan Kota Santri karena nafas ISlami sangat terasa dikota ini. Kota ini menjadi salah satu rujukan menuntut agama Islam di Indonesia. Salah satu Pesantren tertua dikota ini adalah Pesantren Darussalam yang banyak mencetak para Alim Ulama yang menyebar keseluruh wilayah Kalimantan dan juga keluar pulau. Pesantren Darussalam merupakan Pesantren terbesar dengan jumlah santriwan dan santriwati belasan ribu saat ini. Setiap hari kita bisa melihat diruas jalan kota hilir mudik para santri baik untuk menuntut ilmu dimadrasah/pesantren atau juga mengikuti kegiatan pengajian dan kegiatan lain yang bernafas Islami. 

Perkembangan kota ini terasa cukup signifikan dimana perluasan kota diarahkan kekawasan Indrasari atau kawasan Timur kota Martapura. Dikawasan Indrasari lah terdapat Stadion Demang Lehman dimana saat ini sering dihelat sebagai venue ISL untuk Kalsel. Intermezo: Pada hari ini telah berlangsung pertandingan Barito Putra dan Persipura dengan kemenangan Barito Putra dengan skor 1-0. Hari ini Stadion Demang Lehman men jadi saksi Intan lebih bercahaya daripada Mutiara Hitam. Selamat buat Barito Putra...
Sedangkan kawasan lain yang berkembang adalah kawasan Barat Kota Martapura disekitar Cindai Alus dan Pingaran namun disini kebanyakan perumahan. Kawasan ini juga berbatasan langsung dengan Kota Banjarbaru. 
Mari kita jalan-jalan lagi menikmati kota kecil ini dimana sekarang sudah terasa sangat padat.
Tugu Selamat Datang
Tugu Selamat Datang pada saat malam hari
Tugu Pancasila dipusat kota

Ruas Jalan A.Yani yang lumayan bersih

Median jalan semakin berhias

Masjid Agung Al-Karomah salah satu ikon kota ini

Pusat Perbelanjaan Permata Cahaya Bumi Selamat





Bangunan tertinggi dikota Martapura, ruko + meeting room selain RS.Pelita Insan. Masih belum jadi :)


 Gedung Iqra. Proyeknya lama banget belum rampung2 juga
Istana Intan, Istana untuk Kesultanan Banjar. Setelah peletakan batu pertama waktu Milad Kesultanan dulu, belum dibangun juga sampai sekarang
Kawasan Pesayangan, Jl.P.Abdurrahman dan Jl.Makam

Penggosokan Intan di Sei.Paring

Taman dijalan Pendidikan salah satu poin yang mendongkrak penilaian Adipura

Dulunya taman ini merupakan pembuangan sampah liar

Martapura yang semakin hijau
Upaya pembenahan dipasar Martapura. Salah satunya TPST ini + ada taman kecilnya juga

Komposting dan Pembibitan PD.Pasar Bauntung Batuah, letaknya dipasar Martapura juga

Pasar Penampungan khusus PKL

Dari rendernya lumayan bagus. Semoga lancar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar